link href='http://imageshack.us/photo/my-images/98/sdsao.jpg/' rel='SHORTCUT ICON'/> ♥♥: KOnten IM3

Sabtu, 12 Juni 2010

KOnten IM3

M3, salah satu perusahaan selular Indosat yang memang membidik remaja, ternyata melihat potensi remaja sekarang yang mulai suka menulis blog. Mungkin, supaya tidak ketinggalan kereta, mengingat sejak tahun lalu, sudah banyak remaja menulis melalui blog yang disediakan oleh Blogspot dan Friendster.

Yang menarik, karena ini perusahaan selular, IM3 mengajak pelanggannya untuk posting blog-nya melalui telepon selular, sesuatu yang belum pernah ditawarkan oleh penyedia blog gratis lainnya. Menyebalkannya, fitur blog ini ternyata hanya boleh dipakai oleh pelanggan IM3. Bahkan pelanggan Matrix atau Mentari tidak bisa menggunakannya. Mungkin ini salah satu trik IM3 untuk menjaring pelanggan teregistrasi untuk semakin loyal dengan produk IM3. Buktinya, belum lama fasilitas blog ini berjalan, sudah 3.000 pelanggan menggunakannya.

Secara fitur, blog ini memiliki gaya administrasi yang mirip dengan Blogspot. Perbedaannya, blog IM3 memungkinkan kita untuk hosting gambar, dan mengkategorikannya sendiri (seperti Flickr). Sisanya, fiturnya tidak jauh berbeda dengan penyedia blog gratis lainnya. Desain template-nya pun menarik, dan khas anak muda. Sayangnya, fasilitas search blog (yang menampilkan brand IM3) di bagian atas layar (yang posisinya menyerupai Blogspot) terlihat mengganggu, karena setiap kali pengunjung men-scroll blog ke atas dan ke bawah, ia selalu naik dan turun menghilang dari layar.

M3-Blog

Sebenarnya peran IM3 untuk ikut membangun komunitas di dunia maya ini menarik untuk dicermati. IM3 bisa menstudi perilaku para pelanggannya melalui blog dan forum yang disediakan. Tentu tujuannya baik, untuk memberikan pelayanan lebih baik. Asal saja jangan sampai menjadi berlebihan. Misalnya, tiba-tiba memasang banner iklan (di luar brand IM3) di setiap blog pelanggannya. Mudah-mudahan ini tidak terjadi, karena saat seseorang memiliki dan menulis blog, halaman blog itu sebenarnya ikut menjadi bagian dari kepribadiannya. Pemilik blog-lah yang berhak memilih apa yang boleh dan tidak ditayangkan di blog-nya.

Terkait dengan mengembangkan komunitas, pada hakikatnya semua orang selalu ingin dikenal. Di sini, setiap pelanggan blog yang mempunyai posting berita terbanyak akan dikenal sebagai Bintang M-3 Blog. Jadi, rajin-rajinlah menulis (tapi jangan sekedar copy paste dari artikel lain) kalau ingin fotonya terpampang di halaman muka blog ini.

Slideshow

Terima Kasih atas Kunjungan anda Lain Kali datng lagi ke sini dilihat