link href='http://imageshack.us/photo/my-images/98/sdsao.jpg/' rel='SHORTCUT ICON'/> ♥♥: Israel Berang: Patung Rabbi Menginjak Orang Sholat

Jumat, 04 Juni 2010

Israel Berang: Patung Rabbi Menginjak Orang Sholat



Sebuah patung yang dibuat seniman Spanyol telah membuat geram kaum Yahudi dan Israel. Pasalnya, patung itu menggambarkan seorang rabbi yang berdiri di atas pundak seorang pendeta yang berlutut di atas seorang pria yang tengah bersujud di atas sejadah.

Selain itu, seperti dilansir Barcelona Reporter, Selasa (21/2), seniman kontroversial tersebut membuat karya seni berbentuk menorah atau tempat lilin umat Yahudi. Hanya saja, menorah itu ada di moncong sebuah senjata mesin Uzi.

Sementara karya seni berbentuk patung yang diberi nama Stairway to Heaven (Tangga Menuju Surga) itu berbentuk tiga orang yang saling bertumpu. Patung paling bawah menampilkan orang yang tengah shalat. Di atasnya ada seorang pendeta yang tengah berlutut di punggungnya. Sementara di atas pundak pendeta itu, seorang rabbi berdiri dengan memegang Taurat.

Patung yang dipajang di International Art Fair (ARCO), Madrid itu dibuat dengan menggunakan silikon dan rambut manusia, sehingga terlihat sangat hidup. Seorang kolektor seni Eropa kemudian membeli patung itu seharga 50.000 euro.

Hal itu memicu protes keras dari warga Yahudi dan Kedutaan Besar Israel di Spanyol. Mereka menyebut pesan-pesan yang disampaikan melalui karya seni itu sangat menyinggung dan memicu sentimen antisemit, meskipun disampaikan lewat karya seni.

“Nilai-nilai seperti kebebasan berbicara dan kebebasan berkreasi kadang dimanfaatkan untuk melakukan provokasi terselubung, prasangka, dan generalisasi,” kata Duta besar Israel untuk Spanyol, Rafi Schutz.

Namun, Merino membantah telah melakukan pelecehan agama. “Tujuannya hanya untuk memerlihatkan koeksistensi ketiga agama tersebut (Yahudi, Kristen, dan Islam). Setiap agama berdoa kepada Tuhan dengan caranya masing-masing,” paparnya.

(sumber: NonBlok)

Bagus kok patungnya…realis

Slideshow

Terima Kasih atas Kunjungan anda Lain Kali datng lagi ke sini dilihat